Kajian yg bisa dilakukan selain Semiotika

 KAJIAN SENI RUPA DAN DESAIN

Rizky Fadilah 

202146579030

SEMIOTIKA, merupakan ilmu mempelajari hubungan antara elemen – elemen yang saling bersangkutan yang membentuk sebuah persepsi atau pemehaman melalui indra visual. 

Menurut Kris Budiman Semiotika merupakan ilmu yang berbicara tantang tanda tanda yang berhubungan dengan aspek aspek diluar dari tanda tersebut.

Dari dua hal tersebut diatas dapat diartikan semiotika merupakan ilmu yang mempelajari tentang korelasi bentuk dan aspek visual tentang pemahaman yang dapat diterima oleh indra visual.

Namun apakah hanya metode tersebut yang dapat digunakan untuk mendeskripsikan suatu objek visual

Menurut penulis ada beberapa hal yang dapat digunakan untuk menganalisa objek visual

1. Observasi dan pengumpulan fakta

Dalam tahapan ini pencarian semua bentuk informasi yang memiliki kolerasi dengan objek visual tersebut sangat dibutuhkan dengan berbagai metode pengumpulan fakta seperti kusioner dan sebagainya untuk mencari pemahaman apa yang didapat oleh penerima, selain itu bisa juga dilakukan observasi dengan memecah fakta fakta terkait seputar objek visual tersebut mulai dari makna bentuk, warna dan juga gaya bahasa.

2. Penafsiran

Metode ini hampir serupa dengan metode sebelumnya, namun dalam hal ini semua kebutuhan informasi haruslah tersusun dan terkonsep arahnya, bisa berhubungan dengan tema atau gaya bahasa yang disampaikan dari fakta yang tersusun barulah dibuat sebuah poin persepsi yang disetarakan dengan semua hasil penafsiran. Dalam hal ini biasanya bentuk karya visual yang bersifat absrak atau memiliki multi tafsir

3. Kedekatan sosial

Dalam hal ini sebuah objek haruslah bersifat umum bagi khalayak dan dekat dengan kehidupan sosial sehari hari karena hal tersebut terjadilah pengulangan pengulangan yang akhirnya membentuk persepsi masyarakat tentang sebuah objek visual yang mungkin memiliki arti istimewa. Seperti ciri khas warna bentuk atau emosi yang mewakili khalayak, seperti bentuk logo dsri produk yang biasa dekat dengan keseharian khalayak seperti logo supermarket logo kebutuhan pokok dan lain lain, dengan hal tersebut khalayak dapat mempersepsikan setiap objek visual memiliki arti dan makna tersendiri.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Objek Kajian Video Clip (Sia – The Greatest)

Barongan Bali